Kingdom Hearts - Unavailable

Komunikasi Organisasi

Telah dapat kita pahami bahwa komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan. Dari beberapa fungsi komunikasi yang telah tertulis pada pendahulan ada beberapa fungsi lain dari komunikasi, yaitu:

1. Mengendalikan lingkungan fisik & psikis.
2. Menyelesaikan masalah.
3. Mamuaskan rasa penasaran.
4. Menciptakan dan memupuk hubungan dengan orang lain.
5. Menunjukan ikatan dengan orang lain.
6. Memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
7. Meningkatkan kesadaran pribadi.
8. Mengembangkan keberadaan suatu masyarakat dan
9. Meningkatkan hubungan sosial kemasyarakatan.

Sedangkan organisasi adalah suatu kesatuan sosila dari kelompok manusia yang saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga setia anggota oarganisasi memiliki tugas dan fungsi, masing-masing mempunyai tujuan tertentu dan batasn yang jelas sehingga bisa dipisahkan secara tegas dari lingkungan. Dan organisasi mempunyai 2 macam yaitu organisasi formal dan informal. Organisasi formal artinya suatu organisasi yang lebih mengutamakan prinsip efesiensi dengan adanya visi dan misi yang teratur dan terkontrol. Golddhaber (1986) memberikan definisi komunikasi organisasi adalah proses penciptaan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah.

Tujuan komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling pengertian (mutual undestanding) . Pendek kata agar terjadi penyetaraan dalam kerangka referensi, maupun dalam pegalaman.

Berikut ini merupakan pengibaratan fungsi komunikasi dalam organisasi Komunikasi dalam organisasi ibarat darah manusia dalam tubuh saling berpengaruh untuk fungsi keseluruh tubuh/anggota organisasi. Komunikasi sebagai perekat organisasi agar tidak terjadi kesenggangan dalam organisasi. Komunikasi sebagai minyak pelumas yang melicinkan fungsi organisasi sehingga dapat secara mudah mencapai tujuan secara bersama. Komunikasi sebagai pengikat system agar terciptanya keteraturan dalam proses berorganisasi.
Dalam komunikasi organisasi terdapat 3 bentuk proses komunikasi yang berlangsung yaitu:

1. Downward communication (dari atasan ke bawahan) artinya proses komunikasi ini berlangsung dari seseorang yang memiliki jabatan tinggi ke anggotanya dan ini biasanya merupakan suatu perintah.
2. Peer horizontal communication (satu level) artinya proses komunikasi belangsung pada seseorang yang memiliki jabatan yang sama conohnya antar anggota.
3. Upward communication (Bawahan – Atasan) artinya proses komunikasi berlangsung pada anggota kepada atasan, hal ini biasanya merupakan saran atau suatu laporan kegiatan.

No comments:

Post a Comment