Telah dapat kita pahami bahwa komunikasi merupakan suatu proses
penyampaian pesan. Dari beberapa fungsi komunikasi yang telah tertulis
pada pendahulan ada beberapa fungsi lain dari komunikasi, yaitu:
1. Mengendalikan lingkungan fisik & psikis.
2. Menyelesaikan masalah.
3. Mamuaskan rasa penasaran.
4. Menciptakan dan memupuk hubungan dengan orang lain.
5. Menunjukan ikatan dengan orang lain.
6. Memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
7. Meningkatkan kesadaran pribadi.
8. Mengembangkan keberadaan suatu masyarakat dan
9. Meningkatkan hubungan sosial kemasyarakatan.
Sedangkan organisasi adalah suatu kesatuan sosila dari kelompok
manusia yang saling berinteraksi menurut suatu pola tertentu sehingga
setia anggota oarganisasi memiliki tugas dan fungsi, masing-masing
mempunyai tujuan tertentu dan batasn yang jelas sehingga bisa dipisahkan
secara tegas dari lingkungan. Dan organisasi mempunyai 2 macam yaitu
organisasi formal dan informal. Organisasi formal artinya suatu
organisasi yang lebih mengutamakan prinsip efesiensi dengan adanya visi
dan misi yang teratur dan terkontrol. Golddhaber (1986) memberikan
definisi komunikasi organisasi adalah proses penciptaan dan saling
menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergantung satu
sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu
berubah-ubah.
Tujuan komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka
membentuk saling pengertian (mutual undestanding) . Pendek kata agar
terjadi penyetaraan dalam kerangka referensi, maupun dalam pegalaman.
Berikut ini merupakan pengibaratan fungsi komunikasi dalam organisasi
Komunikasi dalam organisasi ibarat darah manusia dalam tubuh saling
berpengaruh untuk fungsi keseluruh tubuh/anggota organisasi. Komunikasi
sebagai perekat organisasi agar tidak terjadi kesenggangan dalam
organisasi. Komunikasi sebagai minyak pelumas yang melicinkan fungsi
organisasi sehingga dapat secara mudah mencapai tujuan secara bersama.
Komunikasi sebagai pengikat system agar terciptanya keteraturan dalam
proses berorganisasi.
Dalam komunikasi organisasi terdapat 3 bentuk proses komunikasi yang berlangsung yaitu:
1. Downward communication (dari atasan ke bawahan) artinya proses
komunikasi ini berlangsung dari seseorang yang memiliki jabatan tinggi
ke anggotanya dan ini biasanya merupakan suatu perintah.
2. Peer horizontal communication (satu level) artinya proses komunikasi
belangsung pada seseorang yang memiliki jabatan yang sama conohnya antar
anggota.
3. Upward communication (Bawahan – Atasan) artinya proses komunikasi
berlangsung pada anggota kepada atasan, hal ini biasanya merupakan saran
atau suatu laporan kegiatan.
No comments:
Post a Comment