Kingdom Hearts - Unavailable

Dasar Komunikasi



Pengertian komunikasi berasal dari  bahasa Latin  yakni :  Communicare berarti  berpartisipasi atau  memberitahukan.  Sedangkan di dalam Ensiklopedi Administrasi,  arti kata komunikasi (communication) adalah :  Suatu proses penyampaian ide dari suatu sumber berita ke suatu tempat tujuan. Sedangkan pengertian komunikasi menurut  Phil Astrid Susanto, dalam buku “Komunikasi Dalam Teori Dan Praktik”, menuliskan kata komunikasi adalah :  Proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung arti.
Lain halnya pendapat dari seorang tokoh bernama Keith Davis, dalam buku “Human Relation at  Work”,   menuliskan bahwa komunikasi adalah :  Proses jalur informasi dan pengertian dari seseorang ke orang lain.      
Jadi pengertian komunikasi adalah :  Suatu tingkah laku atau perbuatan penyampaian lambang-lambang yang  mengandung arti dan makna dari satu individu ke individu lainnya atau dari satu organisasi ke organisasi lainnya yang menimbulkan reaksi.
Pengertian komunikasi dapat diartikan :  Suatu proses kegiatan pemindahan atau penyampaian berita atau  informasi yang mengandung arti dan makna dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha untuk saling pengertian.                          
Dari beberapa pengertian komunikasi di atas, dapat disimpulkan bahwa :
  1. Komunikasi sebagai proses,  artinya komunikasi dilakukan melalui tahap-tahap tertentu yang harus dilalui.
  2. Unsur manusia, artinya ada dua pihak atau lebih yang melakukan komunikasi.  Yakni adanya pihak pengirim (komunikator) dan pihak menerima (komunikan).
  3. Unsur alat,  artinya bahwa dalam komunikasi menggunakan media, baik langsung  maupun tidak langsung.
  4. Unsur berita/informasi,  artinya berita berupa bahasa, simbol, tanda-tanda, yang  disampaikan.   
Selain dapat mengetahui pengertian komunikasi, Anda juga perlu mengetahui  komponen-komponen yang terdapat di dalam komunikasi.  Adapun pengertian komponen itu sendiri sebagaimana tercantum di dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah :  Unsur, yang berarti bagian yang berperan.  Jadi komponen komunikasi, diartikan :  Unsur atau bagian yang berperan dalam  proses komunikasi. Adapun komponen komunikasi tersebut adalah :
1. Komunikator/Communicator :  orang/alat penghubung, contoh: guru sedang memberikan materi
2. Encode                               :  menyajikan atau menulis dalam sandi, contoh: guru mempersiapkan
  materi pelajaran untuk siswa
3. Pesan/Message                      :  berita yang dapat disampaikan, contoh: isi materi pelajaran yang
                                                disampaikan oleh guru

No comments:

Post a Comment