Komunikasi antarbudaya terjadi bila produsen pesan adalah anggota suatu budaya dan penerima pesannya adalah anggota suatu budaya yang lainnya. Dalam keadaan demikian, kita segera dihadapkan kepada masalah-masalah penyandian pesan, di mana dalam situasi komunikasi suatu pesan disandi dalam suatu budaya dan harus disandi balik dalam budaya lain.
Fungsi Komunikasi Antar Budaya
Secara khusus, fungsi komunikasi antarbudaya adalah untuk mengurangi ketidakpastian. Ketika kita memasuki wilayah (derah) orang lain kita dihadapkn dengan orang-orang yang sedikit atau banyak berbeda dengan kita dari berbagai aspek (sosial, budaya, ekonomi, status, dan lain-lain). Pada waktu itu pula kita dihadapkan dengan ketidakpastian dan ambiguitas dalam komunikasi. Untuk mengurangi ketidakpastian seseorang melakukan prediksi sehingga komunikasi bisa berjalan efektif.
Usaha untuk mengurangi tingkat ketidakpastian itu dapat dilakukan melalui tiga tahap interaksi, yakni:
1. Pra-kontak
atau tahap pembentukan kesan melalui simbol verbal maupun nonverbal
(apakah komunikan suka berkomunikasi atau menghindari komunikasi).
2. Initial contact and imppresion,
yakni tanggapan lanjutan atas kesan yang muncul dari kontak awal
tersebut; misalnya anda bertanya pada diri sendiri; Apakah saya seperti
dia ? Apakah dia mengerti saya ? Apakah saya rugi waktu kalau
berkomunikasi dengan dia ?
3. Closure,
mulai membuka diri anda sdendiri yang semula tertutup melalui atribusi
dan pengembangan kepribadian implisit. Menurut Johnson (dalam
Supratiknya, 1995:14), pembukaan diri memiliki dua sisi, yaitu bersikap
terbuka kepada yang lain dan bersikap terbuka bagi yang lain. Kedua
proses tersebut dapat berjalan secara serentak antara kedua belah pihak
sehingga membuahkan relasi yang terbuka antara kita dengan orang lain.
No comments:
Post a Comment