Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa. Jadi sekalipun komunikasi itu disampaikan kepada khalayak yang banyak, seperti rapat akbar di lapangan luas yang dihadiri oleh ribuan, bahkan puluhan ribu orang, jika tidak menggunakan media massa, maka itu bukan komunikasi massa. Media komunikasi yang termasuk media massa adalah radio siaran, dan televisi- keduanya dikenal sebagai media elektronik.
Karakteristik Komunikasi Massa
1. Ditujukan ke khalayak luas, heterogen, tersebar, anonym serta tidak mengenal batas geografis dan kultural.
2. Bersifat umum bukan perorangan.
3. Penyampaian pesan berjalan secara cepat dan mampu menjangkau khalayak yang luas dalam waktu yang relatif singkat.
4. Penyampaian pesan cenderung berjalan satu arah.
5. Kegiatan komunikasi dilakukan secara terencana, terjadwal dan terorganisasi.
6. Kegiatan komunikasi dilakukan secara berkala tidak bersifat temporer.
7. Isi pesan mencakup berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lain-lain.
Media Komunikasi Massa
· Surat kabar
· Majalah
· Televisi
· Radio
· Film
Fungsi Media Massa Untuk Individu
· Pengawasan atau pencarian informasi
· Pengembangan diri
· Fasilitas dalam hubungan sosial
· Subtitusi dalam hubungan sosial
· Membantu melegakan emosi/afeksi
· Sarana pealrian dari ketegangan dan keterasingan
· Bagian dari kehidupan ritual rutin
· Pengembangan diri
· Fasilitas dalam hubungan sosial
· Subtitusi dalam hubungan sosial
· Membantu melegakan emosi/afeksi
· Sarana pealrian dari ketegangan dan keterasingan
· Bagian dari kehidupan ritual rutin
No comments:
Post a Comment