Periklanan (advertising)
adalah bentuk- bentuk komunikasi atau presentasi non pribadi produk atau
perusahaan yang di kendalikan oleh produsen untuk berkomunikasi dengan
pelanggan.
Pada saat ini iklan memang menjadi alat komunikasi
yang penting bagi produsen atau perusahaan untuk dapat memperkenalkan produknya
agar dapat di kenal oleh masyarakat. Secara umum iklan memiliki fungsi dan
tujuan sebagai berikut :
- Memberikan informasi
Iklan di gunakan oleh
produsen atau perusahaan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai
produk perusahaan. Informasi – informasi tersebut dapat berupa menjelaskan
mengenai kegunaan, kemampuan, cara kerja, keunggulan, kualitas, serta harga
produk. Informasi mengenai produk sangat di perlukan apalagi terhadap suatu
produk yang baru di pasarkan. Hal ini di lakukan agar konsumen mengetahui bahwa
ada produk baru. Tentunya hal tersebut juga dapat membantu bagi produsen atau
perusahaan dalam membangun citra produk.
- Membujuk
Bentuk periklanan ini
bersifat membujuk masyarakat untuk melakukan pembelian terhadap produk atau merek
perusahaan dan kemudian melakukan pembelian ulang. Tujuannya adalah menciptakan
permintaan terhadap produk atau merek tersebut. Hal ini tentu penting bagi
produk pada masa persaingan. Dengan berusaha untuk meyakinkan akan keunggulan
produk atau merek perusahaan terhadap produk pesaing dan di harapkan dapat
mengubah persepsi masyarakat terhadap produk atau merek perusahaan sehingga
dapat membujuk masyarakat untuk segera melakukan pembelian serta membujuk
konsumen pesaing untuk berpindah ke merek perusahaan.
- Mengingatkan
Yaitu iklan yang
bertujuan mengingatkan kembali kepada masyarakat terhadap produk atau merek
perusahaan. Ketika masyarakat membutuhkan produk atau merek tertentu, maka
mereka akan mengingat produk atau merek perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya
sekarang dan di masa yang akan datang. Periklanan ini sangat bermanfaat bagi
produk yang berada pada tahap kedewasaan. Selain itu, bentuk periklanan ini
juga berusaha untuk memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa pilihannya
tepat.
- Memberikan Nilai Tambah
Dengan iklan yang
efektif dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau merek tertentu
sehingga produk atau merek tersebut dapat dipersepsikan lebih mewah, lebih
modern, lebih fleksible, lebih bergaya dan lebih bergengsi. Sehingga secara
keseluruhannya produk tersebut dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen
jika di bandingkan dengan produk pesaing.
- Mendukung Usaha Promosi Lainnya.
Iklan juga dapat di
gunakan untuk membantu meningkatkan komunikasi produk dalam bentuk sales promotion
serta membantu pemasaran produk dalam bentuk komunikasi promosi yang lainnya.
Dari penjabaran
mengenai fungsi dan manfaat iklan secara umum dapat di ketahui bahwa iklan
memiliki peranan yang sangat penting bagi suatu perusahaan dalam memasarkan
produk barunnya agar dapat di kenal oleh masyarakat. Dengan menggunakan media
iklan, memberikan informasi kepada masyarakat dapat lebih efektif dan dengan
biaya yang relative murah.
Tujuan akhir dari
periklanan adalah menciptakan mega brand. Tetapi bagi kebanyakan produsen atau
perusahaan yang produknya telah menjadi mega brand, mereka menurunkan kualitas
produknya sedikit demi sedikit. Akibatnya konsumen akan beralih ke produk lain.
Sehingga penting bagi produsen untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas
produknya dan terus berinovasi dengan terus menciptakan produk yang sesuai
dengan harapan konsumen , dapat pula dilakukan dengan cara membuat tampilan
produk se-unik mungkin. Sehingga menjadi suatu ciri khas dari produk dan akan
selalu di ingat oleh masyarakat.
No comments:
Post a Comment